Minggu, 19 Desember 2010

Pendidikan di Bali


Pendidikan

Banyak yang beranggapan bahwa bangsa yang mempunyai sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas akan lebih mampu bersaing dalam memasarkan barang dan jasa yang dihasilkannya, sehingga dengan sendirinya akan menguasai perekonomian dunia. Dalam kaitan ini, salah satu komponen yang berkaitan langsung dengan peningkatan SDM adalah pendidikan. Karena itu, kualitas SDM selalu diupayakan untuk ditingkatkan melalui pendidikan yang berkualitas, demi tercapainya keberhasilan pembangunan.

Pasalnya, pembangunan SDM memiliki keterkaitan erat pada akses  penyediaan fasilitas pendidikan meliputi gedung sekolah, tenaga pengajar (guru/dosen), kelengkapan literatur (buku-buku) dan sarana penunjang pendidikan lainnya. Hanya saja, segala bentuk upaya peningkatan pendidikan selalu terganjal dengan beragam kendala.
Sarana pendidikan seperti bangunan fisik (gedung sekolah) yang ideal tentunya merupakan dambaan bagi semua lapisan masyarakat untuk dapat menikmatinya. Dalam hal penyediaan prasarana pendidikan pada jenjang SD selama tahun 2009/2010, Pemerintah Provinsi Bali menambah sebanyak 20 unit sekolah dibandingkan tahun sebelumnya, sedangkan untuk jenjang TK mengalami peningkatan sebesar 7,49 persen dari tahun sebelumnya.
Pada tahun 2009/2010 misalnya, jumlah SD di Bali tercatat 2.473 unit (2.358 SD Negeri dan 115 SD Swasta). Dari jumlah tersebut sebanyak 508 unit SD (20,54%) berada di Kabupaten Buleleng, sebaliknya di Kabupaten Klungkung baru terdapat 141 unit SD (5,70%). Pada tingkat SLTP, jumlah sekolah mencapai 407 unit (213 SLTP  Negeri dan 194 SLTP Swasta), yang berarti terjadi kenaikan 8,24 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 376 unit SLTP. Untuk jumlah bangunan sekolah pada tingkat SMU maupun SMK juga terjadi peningkatan dari tahun sebelumnya.
Dalam konteks lain, rasio murid-guru dan murid-sekolah merupakan indikator penting untuk mengukur daya tampung dan efektifitas proses belajar-mengajar. Ketersediaan sarana fisik sekolah misalnya, menjadi semakin efektif kalau jumlahnya sepadan dengan daya tampung muridnya. Demikian juga guru dan murid, proses belajar mengajar akan menjadi semakin terjamin kalau seorang guru tidak mengajar terlalu banyak murid.
Berdasarkan data Dinas Pendidikan Provinsi Bali, jumlah murid SD selama tahun 2009/2010 mencapai 432.041 siswa, sedangkan tenaga guru sebanyak 25.422 orang. Ini berarti rasio murid-guru pada jenjang SD sebesar 16,99. Dengan kata lain, tiap guru SD dapat mendidik/mengajar rata-rata 17 murid.
Pada tingkat SLTP, jumlah murid mengalami peningkatan 2,11 persen, dari 169.613 orang di tahun 2008/2009 menjadi 173.193 orang di tahun 2009/2010. Dengan tenaga guru sebanyak 12.920 orang, yang berarti rasio murid-guru mencapai 13,41. Dengan kata lain, tiap tenaga guru SLTP dapat mendidik/mengajar rata-rata 13 orang murid.
Hal menarik, masih bersumber dari data yang sama, jumlah murid pada jenjang SMU mengalami penurunan 8,50 persen setahun terakhir ini, dari 84.642 orang di tahun 2008/2009 menjadi 77.447 orang di tahun 2009/2010. Sedangkan jumlah tenaga guru yang mengajar di jenjang SMU sebanyak 7.553 orang, sehingga rasio murid-guru sebesar 10,25. Dari sini dapat dikatakan bahwa tiap tenaga pengajar di jenjang SMU dapat mendidik rata-rata 10 orang murid.
Namun sebaliknya, jumlah murid pada jenjang SMK meningkat 32,74 persen dari 42.738 orang di tahun 2008/2009 menjadi 56.732 orang di tahun 2009/2010. Banyaknya murid pada jenjang SMK dididik oleh tenaga guru sebanyak 2.711 orang, yang berarti rasio murid-guru sebesar 20,93. Dengan kata lain, tiap tenaga guru SMK dapat mendidik/mengajar rata-rata 21 orang murid.




Education

Many people assume that people who have the human resources (HR) quality will be better able to compete in marketing their goods and services produced, so that by itself will dominate the world economy. In this regard, one of the components that are directly related to improvement of human resources is education. Therefore, the quality of human resources always strived to be improved through quality education, to achieve successful development.

In this case, human resource development is related closely to the provision of access to educational facilities including school buildings, teaching staff (teachers / lecturers), the completeness of the literature (the books) and other educational support facilities. Only, all forms of educational improvement is always blocked by various obstacles.

Physical education facilities such as buildings (school buildings), which of course is ideal for all walks of life dream to be able to enjoy it. In terms of provision of education facilities at elementary level during the year 2009/2010, the provincial government of Bali to add as many as 20 units of school compared to the previous year, while for the kindergarten level increased by 7.49 percent from a year earlier.

In the year 2009/2010 for example, the number of primary schools in Bali recorded 2473 units (2358 and 115 Elementary School Private elementary school). Of the total 508 units of SD (20.54%) were at the Buleleng district, opposite the new Klungkung Regency there are 141 units of SD (5.70%). At junior level, the number of schools reached 407 units (213 Junior High School and Junior High School 194 private), which means an increase of 8.24 percent over the previous year to reach 376 units of junior high. For the number of school buildings in high school or vocational school level also increased from the previous year.

In other contexts, pupil-teacher ratio and pupil-school is an important indicator to measure the capacity and effectiveness of teaching and learning process. Availability of physical facilities such as schools, become more effective if the amount commensurate with the capacity of his students. Similarly, teachers and pupils, teaching and learning process will become more secure if a teacher does not teach too many
students.

Under the Bali Provincial Education Department data, the number of elementary school pupils during the year 2009/2010 reached 432 041 students, while teachers as much as 25 422 people. This means that the pupil-teacher ratio at primary level amounted to 16.99. In other words, each elementary school teachers taught  an average 17 of
primary school students.


At junior level, the number of students increased 2.11 percent, from 169 613 persons in 2008/2009 to 173 193 people in the year 2009/2010. With teachers as much as 12 920 people, which means student-teacher ratio reached 13.41. In other words, every junior high school teachers  teach  an average of 13 students.

The interesting thing, is still sourced from the same data, the number of students at the high school level decreased by 8.50 percent last year, from 84 642 persons in 2008/2009 to 77 447 people in the year 2009/2010. While the number of teachers who teach in senior high school as much as 7553 people, so that the pupil-teacher ratio of 10.25. From here we can say that every teacher in high school level can educate people on average 10 students
 
In contrast, the number of students at vocational levels increased 32.74 percent from 42 738 persons in 2008/2009 to 56 732 people in the year 2009/2010. Number of students at vocational school level educated by teachers as much as 2711 people, which means that the student-teacher ratio of 20.93. In other words, every vocational school teachers can educate an average of 21 students. 





Sumber: Bali Dalam Angka 2010






Tidak ada komentar:

Posting Komentar